Categories
Izin Lingkungan Partisipasi Publik Transparansi

Kewajiban pengumuman AMDAL

AMDAL dan Izin Lingkungan wajib diumumkan. Apa saja persyaratan pengumuman AMDAL yang harus dipatuhi pemrakarsa?

UU No. 32 Tahun 2009 mewajibkan tiga kali pengumuman / pemberian informasi dalam proses AMDAL dan Izin Lingkungan. Pengaturan ini dirinci lebih lajut ditemukan dalam PermenLHK No. 17 Tahun 2012 tentang Keterlibatan Masyarakat dalam Penyusunan Dokumen Lingkungan.

This image has an empty alt attribute; its file name is 1.-Informasi-Proaktif-1024x811.png

Lampiran Permen No. 17 Tahun 2012 mengatur secara rinci mengenai siapa saja yang harus dijangkau dalam pengumuman, muatan/isi pengumuman, media tempat mengumumkan, pembahasaan dan jangka waktu pengumuman.

1) Subjek yang dituju. Penguman ini ditujukan kepada atau harus dapat menjangkau masyarakat terkena dampak; masyarakat pemerhati lingkungan; dan masyarakat yang terpengaruh atas segala bentuk keputusan dalam proses Amdal.

2) Muatan / isi pengumuman juga ditentukan secara rinci, dengan kewajiban untuk menyampaikan informasi secara benar dan tepat mengenai, a.l. jenis usaha, lokasi proyek, dampak potensial yang akan timbul, serta tanggal pengumuman tersebut mulai dipasang dan batas waktu pemberian saran, tanggapan dan pendapat.

3) Jenis media yang digunakan dalam pengumuman harus menyesuaikan dengan target jangkauan. Jenis media yang wajib digunakan adalah (a) media cetak (surat kabar lokal / nasional) sesuai kewenangan penilaian AMDAL; (b) papan pengumuman yang mudah dijangkau oleh masyarakat terkena dampak. Selain media wajib ini, terdapat alternatif yang sifatnya opsional, baik melalui media cetak, elektronik, papan pengumuman di instansi pemerintah, dll.

4) Pembahasaan pengumuman harus dengan Bahasa Indonesia, disampaikan dengan jelas dan mudah dimengerti oleh seluruh lapisan masyarakat. Terjemahan dalam bahasa lokal bersifat opsional.

5) Jangka waktu pengumuman adalah 10 (sepuluh) hari kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *